Planet-Planet Yang Mungkin Akan Menggantikan Bumi

Thursday, April 24, 2014 0 Comments


NASA atau pihak antariksa sudah selama bertahun-tahun meneliti planet-planet di alam semesta ini. Salah satu tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mencari tahu segala sesuatu unsur yang terdapat di planet-planet tersebut, salah satunya adalah mencari planet yang memiliki unsur-unsur mirip dengan planet bumi, agar dapat di tinggali, khususnya oleh manusia. dari hasil penelitian tersebut, sudah di temukan beberapa planet yang katanya calon pengganti bumi.


 Gliese 581
















1. Planet yang dinamakan Gliese 581 d ini pada tahun 2011 lalu diklaim mempunyai kandungan air di permukaannya oleh beberapa pakar dari Prancis. Tidak hanya air, terdapat juga hujan yang hangat juga awan yang menyelimutinya. Namun, menurut perkiraan Gliese 581 d memiliki grafitasi 2 kali lebih besar dari bumi.



HD 40307 g


2. HD 40307 g juga menurut para pakar yang berhasil menemukannya adalah planet yang layak huni. Di sana, diklaim terdapat kandungan air juga mempunyai sistem edar seperti di bumi yaitu terdapatnya siang dan malam.


Walaupun pendapat bahwa HD 40307 g merupakan planet mirip bumi yang layak huni, namun tidak sedikit yang memperdebatkannya. Salah satunya adalah seorang astronom bernama R Barnes.



Barnes berpendapat bahwa HD 40307 g hanyalah sebuah planet kecil yang diselimuti gas yang tidak cocok bagi manusia.




Mars


3. Walaupun menurut pantauan dari robot Curiosity yang berada di sana, permukaan di planet Mars hanyalah seperti ladang tandus nan berdebu, namun para pakar memasukkan planet Merah ini dalam kategori ESI atau Earth Similarity Index.


Ada berbagai macam klaim, dugaan, perkiraan sampai teori yang menjelaskan bahwa memang benar Mars adalah salah satu planet di tata surya ini yang layak huni karena diperkirakan dulunya ada kandungan air di dalamnya.



Bahkan, beberapa tahun lagi, akan ada beberapa orang yang siap diluncurkan dan menetap di Mars.



Gliese 163 c


4. Apabila Gliese 163 c benar-benar layak huni, maka dapat dikatakan bahwa planet ini merupakan bumi dalam ukuran super. Walaupun dikatakan layak huni, namun suhu di sana sedikit lebih panas dibandingkan di bumi.



 Kepler-22b


5.  Kepler-22b juga dapat dikatakan sebagai 'saudara' bumi yang berada sekitar 600 tahun cahaya. Menurut perkiraan para ahli, Kepler-22b juga memiliki sistem rotasi seperti bumi dengan perhitungan satu tahun sebanyak 290 hari (bumi dalam satu tahun adalah 365 hari).


Diperkirakan juga bahwa atmosfer dan iklim permukaan di Kepler-22b mirip dengan bumi dan planet ini juga memiliki kandungan air di dalamnya.



Gliese 581 g


6. Gliese 581 g adalah salah satu planet di jagat raya yang memiliki kesamaan ukuran sekitar 92 persen seperti bumi. Diperkirakan di planet tersebut juga memiliki kandungan oksigen, air dan kabut awan mirip seperti di bumi.



Kepler-186f


7.  Kepler-186f merupakan planet terbaru yang ditemukan oleh NASA dan diklaim layak sebagai tempat hidup manusia selain di bumi. Walaupun diperkirakan bahwa mayoritas permukaannya adalah bebatuan, namun terdapat pula kandungan oksigen juga air di dalamnya.



Gliese 667Cc


8. Planet mirip bumi dan layak huni dengan ukuran raksasa lain adalah Gliese 667Cc. Planet yang memiliki ukuran 4,5 kali dari bumi dengan jarak sekitar 22 tahun cahaya dari planet ini berada di konstalasi Scorpius.


Karena masuk sebagai planet mirip bumi, maka ada anggapan pula bahwa Gliese 667Cc juga memiliki kandungan air dan oksigen di dalamnya.



 HD 85512b


9.  Planet yang dinamakan HD 85512b ini pertama kali dipublikasikan penemuannya ke publik pada tahun 2011 silam. Planet ini berhasil diidentifikasi pertama kalinya oleh High Accuracy Radial velocity Planet Searcher instrument atau HARPS yang terletak di Chile.


Ukuran planet ini 3,6 kali besar dari bumi dengan jarak 35 tahun cahaya dari matahari serta berada di konstelasi Vela. Walaupun belum dapat dibuktikan secara pasti, akan tetapi para pakar percaya bahwa planet ini memiliki kandungan air dengan tampilan permukaan yang diselimuti awan.







Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 KOMENTAR: