Aplikasi Siaga Banjir Jakarta, Berlaga Ditingkat Dunia

Thursday, October 30, 2014 0 Comments


Mungkin sebentar lagi akan muncul sebuah teori yang menyatakan keburukan bisa menghasilkan kebaikan, tapi belum tentu kebaikan bisa menghasilkan keburukan.

Bagaimana tidak, Siaga Banjir adalah sebuah aplikasi karya anak bangsa yang terlahir akibat sering terjadinya bencana banjir yang sangat menyusahkan. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi peringatan dini yang diharapkan dapat meminimalkan dampak banjir terhadap warga. Aplikasi tersebut dapat dijalankan oleh warga Jakarta untuk memantau ketinggian dan status pintu air yang berpengaruh terhadap Jakarta.



Aplikasi Siaga Banjir juga dilengapi fitur untuk membuat pengguna bisa memasukkan lokasi tertentu (misalnya alamat sekolah, kantor, rumah, mall, gedung) lalu memantau status pintu air yang berpengaruh dengan lokasi tersebut. Hal ini diharapkan  dapat menjadi salah satu langkah cepat pencegahan untuk warga.

"Data yang digunakan dalam Siaga Banjir bersumber dari data publik yang ditampilkan pada halaman resmi beberapa dinas terkait, seperti contohnya halaman Pusdalops BPBD DKI Jakarta yang menampilkan status pintu air di Jakarta," kata Fauzan Helmi Sudaryanto, pengembang aplikasi Siaga Banjir

Aplikasi Siaga Banjir dikembangkan oleh Tim Kawung Labs, Universitas Indonesia, yang terdiri dari Fauzan Helmi Sudaryanto, Enreina Annisa Rizkiasri, dan Riska Fadilla. Aplikasi ini telah tersedia di Google Play Store melalui tautan: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.siagabanjir.

Siaga Banjir bersaing dengan berbagai aplikasi dari seluruh dunia untuk mendapatkan kesempatan berlaga di ajang final Code for Resilience. Anda juga bisa mengunjungi situs resminya di http://siagabanjir.org/.

Sumber Refrensi [Kompas]

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 KOMENTAR: